Mengenal Apa Itu Scraping Dan Cara Penggunaanya

Mengenal Apa Itu Scraping Dan Cara Penggunaanya Perusahaan IOT Indonesia

Definisi Scraping

Scraping adalah proses pengambilan informasi atau data dari sebuah website secara otomatis menggunakan perangkat lunak atau program tertentu. Proses scraping dilakukan dengan cara mengakses website dan mengekstrak data dari halaman web yang dituju. Teknik scraping biasanya dilakukan dengan menggunakan bot atau crawler yang dioperasikan oleh perangkat lunak khusus, yang memungkinkan untuk mengekstrak informasi dari berbagai jenis dokumen web, termasuk teks, gambar, video, dan file lainnya. Penggunaan teknik scraping dapat bermanfaat untuk berbagai tujuan, seperti penelitian, pengembangan aplikasi, analisis data, dan banyak lagi. Namun, perlu diingat bahwa scraping dapat melanggar hak cipta dan kebijakan privasi, tergantung pada jenis data yang diambil dan cara penggunaannya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan etika dan peraturan yang berlaku dalam melakukan scraping.

Scraping yang sering digunakan adalah web scraping, yaitu teknik scraping yang digunakan untuk mengambil data dari website. Web scraping dilakukan dengan menggunakan program atau perangkat lunak yang dapat mengakses dan mengekstrak informasi dari halaman web secara otomatis. Web scraping sering digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengumpulkan data untuk analisis bisnis, riset pasar, penelitian akademik, dan lain sebagainya. Namun, teknik web scraping juga bisa menimbulkan kontroversi karena dapat melanggar hak cipta dan privasi. Selain itu, beberapa negara juga memiliki undang-undang yang mengatur penggunaan teknik web scraping, terutama jika digunakan untuk tujuan yang melanggar hak cipta atau privasi. Oleh karena itu, sebelum melakukan web scraping, penting untuk memeriksa kebijakan dan aturan dari situs web yang dituju serta memperhatikan etika dan peraturan yang berlaku dalam melakukan scraping.
 

Latar Belakang Scraping

Teknik scraping sebenarnya sudah ada sejak lama, terutama dalam konteks penambangan data atau data mining. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan internet, teknik scraping menjadi lebih populer dan mudah diakses. Pada awalnya, teknik scraping dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan menyalin data dari dokumen atau halaman web dan menempelkannya ke dalam lembar kerja atau aplikasi lain. Namun, dengan semakin kompleksnya struktur dan jumlah data yang harus diambil, teknik manual menjadi tidak efisien. Pada akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an, mulai muncul berbagai perangkat lunak atau program otomatis yang dapat melakukan scraping secara lebih efisien. Salah satu program awal yang cukup populer adalah program HTTrack, yang digunakan untuk mengambil salinan lengkap dari website. Namun, teknik scraping semakin berkembang dengan munculnya teknologi cloud computing dan analisis data. Saat ini, banyak platform dan layanan yang menyediakan solusi scraping yang lebih canggih dan mudah digunakan, seperti Google Cloud Platform, Amazon Web Services, dan sebagainya.

Latar belakang dikembangkannya teknik scraping adalah semakin pentingnya pengolahan data dalam berbagai bidang, seperti bisnis, akademik, pemerintahan, dan sebagainya. Dalam era digital saat ini, jumlah data yang dihasilkan sangat besar dan kompleks, sehingga pengolahan data yang efisien menjadi semakin penting. Scraping atau pengambilan data dari internet menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dengan scraping, data dapat diambil dari berbagai sumber, termasuk website, media sosial, dan platform online lainnya. Data yang diambil dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti analisis bisnis, penelitian pasar, pengembangan aplikasi, dan sebagainya. Selain itu, semakin banyaknya perusahaan dan organisasi yang menggunakan teknologi informasi dan internet untuk berbisnis, mengumpulkan informasi, dan menjalankan operasi bisnis lainnya, membuat teknik scraping semakin populer dan diperlukan. Dalam beberapa kasus, teknik scraping bahkan menjadi kunci keberhasilan bisnis atau operasi organisasi tertentu.
 

Fungsi Scraping

Fungsi scraping atau teknik pengambilan data dari internet adalah untuk mengambil informasi atau data dari halaman web secara otomatis dan efisien. Beberapa fungsi utama dari scraping antara lain yaitu seperti mengumpulkan data untuk analisis, scraping dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk analisis bisnis, riset pasar, penelitian akademik, dan lain sebagainya. Scraping berfungsi untuk menyediakan informasi untuk aplikasi, scraping dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi atau layanan online, seperti aplikasi mobile, situs web, atau layanan data terpusat. Scraping juga berfungsi untuk membuat arsip website, scraping dapat digunakan untuk membuat arsip atau salinan website tertentu, yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti penyimpanan data atau pembuatan dokumen arsip. Scraping bisa digunakan untuk monitoring dan pelacakan perubahan website, scraping dapat digunakan untuk memantau perubahan yang terjadi pada halaman web tertentu, sehingga dapat memberikan informasi yang berguna tentang perubahan yang terjadi pada website. Scraping berfungsi untuk menganalisis tren dan perilaku online, scraping dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari media sosial dan platform online lainnya, yang dapat digunakan untuk menganalisis tren dan perilaku online.
 

Cara-Cara Melakukan Scraping

Scraping dapat dilakukan dengan beberapa cara, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk scraping atau pengambilan data dari internet, yakni Manual scraping, cara scraping ini melibatkan pengambilan data secara manual dengan menyalin dan menempelkan informasi dari halaman web ke dalam file atau lembar kerja. Cara ini paling sederhana namun memakan waktu dan tidak efisien jika data yang diambil sangat banyak. Web scraping dengan kode program, scraping ini melibatkan penggunaan kode program untuk mengambil data dari halaman web. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk web scraping, seperti Python, Java, dan Ruby. Dalam cara ini, program dapat dibuat untuk melakukan scraping secara otomatis dengan menggunakan perpustakaan atau modul tertentu untuk mengambil data dari halaman web. Web scraping dengan alat scraping, sebenarnya ada banyak alat scraping atau software yang tersedia untuk memudahkan pengambilan data dari halaman web. Beberapa contoh alat scraping yang populer adalah Scrapy, Beautifulsoup, dan Selenium. Pengambilan data melalui API, beberapa situs web dan platform online menyediakan API (Application Programming Interface) untuk mengambil data secara programatik. API dapat digunakan untuk mengambil data dengan lebih mudah dan efisien daripada web scraping dengan kode program atau alat scraping.
 

Contoh Software Scraping

Sebenarnya ada banyak sekali software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan scraping, aplikasi tersebut bisa digunakan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Beberapa aplikasi scraping populer yang tersedia di pasaran antara lain:

Scrapy adalah framework scraping open-source yang ditulis dalam bahasa pemrograman Python. Scrapy menyediakan alat dan modul yang dapat digunakan untuk mengambil data dari berbagai jenis halaman web dan menyimpannya dalam berbagai format file, seperti CSV, JSON, dan XML. Scrapy menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam mengambil data dari situs web, seperti mengelola koneksi ke situs web, memproses data yang diambil, menyimpan data dalam format yang dapat diolah, dan lain sebagainya. Scrapy juga memiliki fitur untuk mengatasi kendala dalam web scraping, seperti pembatasan akses dan perlambatan koneksi. Dengan menggunakan Scrapy, pengguna dapat melakukan web scraping dengan efisien dan mudah.

BeautifulSoup adalah sebuah library Python yang digunakan untuk mem-parsing atau memproses dokumen HTML dan XML. Library ini memungkinkan pengguna untuk melakukan ekstraksi data dari dokumen HTML dan XML dengan cara yang mudah dan efisien. Dengan BeautifulSoup, pengguna dapat melakukan pencarian elemen HTML atau XML berdasarkan tag, atribut, teks, dan sebagainya. Selain itu, BeautifulSoup juga dapat digunakan untuk memodifikasi dokumen HTML atau XML, seperti menghapus atau menambahkan elemen dan atribut. BeautifulSoup sangat populer digunakan dalam web scraping dan ekstraksi data dari situs web.

Selenium adalah perangkat lunak otomasi pengujian yang dapat digunakan untuk web scraping. Selenium dapat digunakan untuk mengontrol browser web secara otomatis dan mengambil data dari halaman web. Selenium mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk Python, Java, C#, dan Ruby. Selenium juga merupakan sebuah framework open-source yang digunakan untuk otomatisasi pengujian perangkat lunak. Selenium memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi interaksi dengan browser web, seperti mengklik tombol, memasukkan data ke dalam form, dan menavigasi halaman web. Dengan Selenium, pengguna dapat melakukan web scraping secara interaktif, seperti mengambil data dari situs web yang memerlukan login atau mengakses elemen yang di-generate secara dinamis oleh JavaScript. Selenium dapat diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, Java, dan Ruby.

Octoparse adalah aplikasi scraping visual yang memungkinkan pengguna untuk mengambil data dari berbagai jenis halaman web tanpa perlu menulis kode program. Aplikasi ini menyediakan alat pengambilan data yang mudah digunakan, termasuk pembuat aturan scraping visual. Octoparse juga merupakan sebuah software berbasis cloud yang digunakan untuk melakukan web scraping dan ekstraksi data dari berbagai situs web. Octoparse menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan dapat melakukan ekstraksi data tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman. Pengguna dapat melakukan ekstraksi data dengan memilih elemen yang ingin diambil secara visual dan Octoparse akan mengambil data tersebut secara otomatis. Octoparse juga menyediakan fitur-fitur seperti menjadwalkan ekstraksi data, mengirimkan email notifikasi, dan menyimpan data dalam format yang dapat diolah seperti CSV, Excel, atau database.

ParseHub adalah aplikasi scraping berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk mengambil data dari berbagai jenis halaman web dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan alat pengambilan data yang kuat untuk memudahkan pengambilan data.
 

Teknik-Teknik Scraping

Scraping memiliki beberapa macam teknik dalam menarik data atau informasi. Tiap teknik scraping memiliki cara tersendiri dalam pengambilan datanya. Beberapa teknik scraping yang sering digunakan yaitu web scraping, teknik scraping yang paling umum digunakan adalah web scraping. Teknik ini melibatkan pengambilan data dari halaman web dengan mengakses kode HTML atau XML dari halaman web. Data kemudian dapat diekstrak dari kode dan disimpan dalam format yang sesuai, seperti CSV, JSON, atau XML. Data Mining, teknik yang melibatkan analisis data untuk mengidentifikasi pola atau hubungan dalam data. Data mining dapat digunakan untuk mengambil data dari berbagai sumber, termasuk halaman web, dan digunakan untuk menghasilkan wawasan bisnis atau prediksi. Screen scraping, teknik screen scraping melibatkan pengambilan data dari halaman web dengan meniru interaksi pengguna dengan halaman web. Dalam teknik ini, program perangkat lunak mengambil data dari tampilan layar halaman web, seperti yang akan dilihat pengguna manusia, daripada dari kode HTML atau XML. Social media scraping, teknik ini melibatkan pengambilan data dari platform media sosial seperti Twitter, Facebook, atau LinkedIn. Data dapat diambil dari profil pengguna, posting, atau tautan dan digunakan untuk analisis sosial atau kepentingan bisnis. Image scraping, teknik ini melibatkan pengambilan data gambar dari halaman web. Teknik ini sering digunakan untuk mengambil data dari situs web e-commerce untuk analisis harga dan persediaan. Tiap teknik scraping memiliki cara dan metode tersendiri dalam pengambilan data.
 

Pengertian Web Scraping

Web scraping adalah teknik pengambilan informasi atau data dari halaman web dengan menggunakan program komputer. Teknik ini memungkinkan pengguna untuk mengambil data dari berbagai situs web secara otomatis dan menyimpannya dalam format yang sesuai. Proses scraping dimulai dengan mengunduh kode HTML atau XML halaman web. Kemudian, program komputer akan melakukan parsing kode untuk mengidentifikasi elemen HTML yang berisi data yang dibutuhkan. Setelah data diidentifikasi, program komputer akan mengekstrak data dari elemen HTML dan menyimpannya dalam format yang sesuai, seperti CSV atau Excel.

Web scraping digunakan untuk berbagai tujuan, seperti riset pasar, analisis kompetitor, analisis sentimen, dan penambangan data. Teknik ini memungkinkan pengguna untuk mengambil data dalam jumlah besar dan melakukan analisis secara cepat dan efisien. Meskipun teknik scraping dapat mengambil data secara otomatis, perlu diingat bahwa penggunaan teknik scraping harus memperhatikan etika dan peraturan yang berlaku, serta tidak melanggar hak cipta atau privasi orang lain. Beberapa situs web juga melarang penggunaan web scraping pada situs mereka melalui kebijakan privasi atau syarat dan ketentuan penggunaan.
 

Manfaat Web Scraping

Web scraping dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi bisnis, dengan mengambil data dari situs web, bisnis dapat menghemat waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mengumpulkan data secara manual. Data yang telah dikumpulkan dapat digunakan untuk menghasilkan wawasan bisnis yang berharga dan meningkatkan efisiensi bisnis. Web scraping dapat digunakan untuk mengumpulkan data pasar seperti harga produk, ulasan pelanggan, dan persaingan di pasar. Data ini dapat digunakan untuk analisis pasar dan memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan yang lebih baik. Web Scraping meningkatkan pengambilan keputusan, data yang diambil dari web scraping dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategi yang lebih efektif. Data ini dapat memberikan wawasan tentang tren pasar, preferensi pelanggan, dan perilaku pesaing. Selain itu web scraping dapat meningkatkan analisis risiko sebab data yang diambil dari web scraping dapat digunakan untuk meningkatkan analisis risiko, seperti analisis risiko kredit dan analisis risiko pasar. Data ini dapat digunakan untuk memperkirakan risiko dan mengambil tindakan yang sesuai. Dan juga manfaat web scraping yaitu untuk meningkatkan penelitian, web scraping dapat digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk analisis. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan penelitian dan menghasilkan hasil yang lebih akurat.
 

Cara Melakukan Web Scraping

Untuk melakukan web scraping kita bisa menggunakan beberapa cara seperti kita bisa menggunakan parsing HTML dan XML scraping teknik ini melibatkan pengambilan data dari halaman web dengan cara mengidentifikasi dan mengekstrak data dari elemen HTML atau XML yang sesuai. Proses ini biasanya melibatkan penggunaan program komputer atau library yang mendukung parsing HTML atau XML, langkah-langkah yang biasanya dilakukan untuk melakukan web scraping menggunakan teknik ini yaitu dengan cara mengunduh halaman web, parsing html dan xml, identifikasi elemen html dan xml, Mengekstrak data. Penggunaan parsing HTML dan XML dapat sangat berguna ketika pengguna ingin mengambil data dari halaman web yang tidak menyediakan API atau ketika API tidak memungkinkan pengguna untuk mengambil semua data yang dibutuhkan. Atau kita bisa melakukan web scraping menggunakan API, ada beberapa situs web menyediakan API (Application Programming Interface) yang memungkinkan pengambilan data secara langsung melalui permintaan API. API memungkinkan pengguna untuk mengambil data secara terstruktur dan efisien. web scraping dengan menggunakan API melibatkan pengambilan data dari situs web melalui API (Application Programming Interface). API adalah antarmuka pemrograman yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan situs web dan mengambil data dalam format yang sesuai. Untuk membuat web scraping dengan menggunakan API, pengguna perlu mengidentifikasi API yang disediakan oleh situs web target. Beberapa situs web menyediakan API secara publik, sedangkan situs web lain mungkin membatasi akses API hanya untuk pengguna tertentu atau setelah pendaftaran. Setelah pengguna mendapatkan akses API, langkah selanjutnya adalah membuat program komputer untuk memanggil API dan mengambil data dari situs web. Program ini dapat ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, Java, atau Ruby. Salah satu keuntungan dari pengambilan data melalui API adalah pengguna tidak perlu melakukan parsing kode HTML atau XML. Data diambil dalam format yang sudah sesuai dan dapat langsung digunakan untuk analisis.  Ada lagi web scraping dengan menggunakan selenium, selenium adalah perangkat lunak otomatisasi browser yang memungkinkan pengguna untuk meniru interaksi pengguna manusia dengan halaman web. Selenium dapat digunakan untuk mengambil data dari halaman web dengan mengeksekusi skrip yang dikonfigurasi pengguna. Cara membuat web scraping menggunakan Selenium melibatkan penggunaan Selenium WebDriver untuk mengotomatisasi browser web dan mengekstrak data dari halaman web. Selenium adalah sebuah library atau framework yang umumnya digunakan untuk menguji aplikasi web, namun dapat juga digunakan untuk tujuan web scraping. Namun, Selenium dapat memakan waktu dan sumber daya komputer yang cukup besar, dan pengguna harus memperhatikan etika dan peraturan yang berlaku dalam pengambilan data dari halaman web. Beberapa situs web juga melarang penggunaan Selenium pada situs mereka melalui kebijakan privasi atau syarat dan ketentuan penggunaan. 

Selain itu kita bisa melakukan web scraper dengan scrapy, scrapy itu sendiri adalah kerangka kerja scraping Python yang memungkinkan pengguna untuk membuat skrip scraping yang kompleks dan efisien. Scrapy memungkinkan pengguna untuk mengatur pengambilan data dan mengelola output dalam format yang sesuai. Selain itu kita dapat melakukan web scraping dengan menggunakan beautifulsoup, Software ini adalah perpustakaan Python yang digunakan untuk parsing dokumen HTML dan XML. Library ini memungkinkan pengguna untuk mengekstrak data dari dokumen dan mengatur hasilnya dalam format yang sesuai. Keuntungan dari menggunakan beautifulsoup adalah mudah dipelajari dan diimplementasikan, dan juga mendukung banyak parser HTML dan XML. Namun, Beautiful Soup memiliki keterbatasan dalam melakukan tugas web scraping yang lebih kompleks dan terstruktur. Hal ini dikarenakan beautifulsoup tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti tautan ke halaman web lain secara otomatis dan tidak mendukung otentikasi atau manipulasi form pada halaman web. Teknik web scraping yang terakhir yaitu kita bisa menggunakan regular expression, teknik web scraping ini melibatkan penggunaan pola atau regular expression untuk mencari dan mengekstrak data dari kode HTML atau XML. Regular expression memungkinkan pengguna untuk mengekstrak data yang spesifik dan mengabaikan data yang tidak dibutuhkan. Keuntungan dari menggunakan teknik regular expression untuk web scraping adalah fleksibilitas dan kemampuannya untuk mengekstrak informasi yang kompleks dari kode HTML atau teks. Namun, kelemahan dari teknik ini adalah kesulitan dalam mengatasi perubahan struktur HTML atau teks yang tidak konsisten dan kurang mendukung pengolahan informasi yang lebih kompleks seperti tabel atau elemen yang bersarang.
 

Kendala Melakukan Web Scraping

Meskipun scraping terlihat mudah dan sangat membantu dalam penarikan data atau informasi tapi nyatanya melakukan scraping tidak semudah dan segampang yang dibayangkan. Terdapat beberapa kendala yang akan kita temui pada saat melakukan scraping, beberapa kendala yang akan kita temui pada saat melakukan scraping yaitu seperti kebijakan situs web yang tidak dapat diakses sebab ada beberapa situs web melarang penggunaan web scraping pada situs mereka melalui kebijakan privasi atau syarat dan ketentuan penggunaan. Jika pengguna melanggar kebijakan situs web, maka dapat terjadi masalah hukum. Kendala lainya yaitu perubahan struktur situs web, struktur situs web yang akan kita akses biasanya dapat berubah sewaktu-waktu, seperti perubahan format HTML atau URL. Hal ini dapat menyebabkan web scraper tidak dapat menemukan atau mengambil data dengan benar. Tak hanya itu kendala yang akan kita temui pada saat web scraping yaitu seperti pembatasan kecepatan, akan ada beberapa situs web dapat menerapkan pembatasan kecepatan untuk menghindari web scraping. Jika pengguna mengambil data terlalu cepat, maka situs web tersebut dapat memblokir akses pengguna atau menerapkan pembatasan kecepatan. Kendala web scraping berikutnya yaitu captcha, captcha itu sendiri adalah teknologi yang digunakan untuk menguji apakah pengguna adalah manusia atau bot. Jika captcha ditampilkan pada halaman web, maka web scraper harus menyelesaikan captcha terlebih dahulu sebelum dapat mengambil data. Terkadang jika kita sedang melakukan scraping data kita akan menemui kendala lainya seperti volume data yang besar, Jika pengguna mengambil data dalam jumlah besar, maka dapat membebani server situs web atau memakan waktu yang lama untuk mengambil data. Ini dapat mengurangi kecepatan pengambilan data atau menyebabkan server situs web menjadi tidak responsif. Keakuratan Data: Meskipun teknik scraping dapat mengambil data secara otomatis, data yang dihasilkan dapat memiliki kesalahan atau ketidakakuratan. Oleh karena itu, pengguna harus memverifikasi dan memvalidasi data yang diambil dengan sumber data yang lain. Dalam melakukan web scraping, perlu diingat bahwa penggunaan teknik scraping harus memperhatikan etika dan peraturan yang berlaku, serta tidak melanggar hak cipta atau privasi orang lain.

Singkatnya web scraping adalah teknik untuk mengambil data dari situs web secara otomatis. Dengan menggunakan teknik ini, pengguna dapat mengambil informasi yang berguna seperti harga produk, ulasan pelanggan, atau informasi lainnya yang dapat digunakan untuk analisis bisnis atau tujuan penelitian. Namun, penggunaan web scraping juga dapat menimbulkan masalah hukum jika data yang diambil dilindungi oleh hak cipta atau privasi. Oleh karena itu, kita harus memahami aturan dan etika dalam pengambilan data dari situs web. Secara keseluruhan, web scraping dapat memberikan manfaat yang besar dalam pengumpulan dan analisis data secara otomatis, tetapi pengguna harus berhati-hati dan mematuhi aturan dan etika yang berlaku. Jika kita ingin melakukan scraping alangkah lebih baiknya menggunakan cara-cara yang mudah dan legal agar data atau informasi yang diambil tidak melanggar hak cipta dan agar sesuai dengan apa yang kita inginkan.
 
Nah, itulah beberapa informasi yang dapat dipaparkan mengenai scraping, teknik-teknik scraping, contoh aplikasi scraping, web scraping, dan juga kendala apa saja yang mungkin kita hadapi pada saat ingin melakukan scraping data.

Artikel Terbaru